Sunday, January 3, 2016

Umur 0 - Umur 3 mau ngapain aja ?

Sebelum umur 3 penting sekali untuk membimbing anak mengungkapkan dengan jelas kata hatinya.

Perkembangan otak anak dengan pelajaran yang dia dapat sebelum umur 3 nggak ada hubungannya. Jadi nggak perlu kasik les macem2 untuk masa ini, nanti malah gede nya anak nggak suka belajar. 

Masa ini kunci nya ada di melatih naluri otak: bertahan hidup, menambah pengetahuan dan mencari teman. Misal kepingin bersaing, kepingin meniru, kepingin melakukan sendiri atau kepingin jadi teman dari papa mama dan kakak2nya. 

Sebagai contoh, kalo kita nyuruh anak"ayo mainannya dirapiin", biasanya nggak dianggap sama si anak. lebih baik ngomong"ayo kita tanding, sapa yang lebih cepet ngerapiin mainan", atau "ayo liat sapa yang lebih cepet lari sampe depan rumah". karena pada masa ini anak seneng kalo diajak bersaing jadi bisa semangat.

Anak kecil nggak suka disuruh belajar ini itu. Tapi belajar sedikit saja anak sudah bisa senang sekali, ini karena naluri otak dari anak yang suka meniru dan mau nyoba sendiri. 

Di masa ini nggak perlu mbanding2in kepintaran anak dengan anak yang lain, yang paling penting kita papa mama sering2 ngobrol sama anak, dengan begini anak bisa senang dan sering2 dipuji. 

Bagi anak, Peran Mama sangat berarti buat anak yaitu kasih sayang penuh, paling baik bisa bersama sama terus, ndengerin mama ngomong, berpeluk2an. Meskipun masih anak2, anak juga perlu dihormati, sopan santun. 

Masa ini perlu melatih pendengaran anak. Kalo anak ada kebiasaan mendengar, besok2 nya  orang gede ngomong apa didengerin. Bisa juga didengerin do re mi, suruh anak nebak ini do atau re atau mi?



--  10 titik penting: -- 
1. Pasang selalu muka senang untuk anak, kalo anak nangis pun kasik pelukan hangat.

2. Belajar mengakui kegagalan, sering2 dipuji. Jangan sering marahin anak. meskipun gagal juga mau mau bilang "wahh...hebat ya", biar anak nggak takut mencoba.

3. Serius dalam bersaing. Anak kecil suka main bersaing dengan kakak2 nya. Waktu bersaing, yang gede sebisanya nggak ngalah terlalu banyak, lebih seru. 

4. Waktu anak mau jalan sendiri, kasik aja jalan meskipun kadang papa mama merasa direpotkan. 

5. Jangan sedikit2 ngomong ini nggak boleh itu nggak boleh. Yang penting aman kan lingkungan dari benda berbahaya.

6. Jangan langsung dibantu. Biar anak bisa muter otak sendiri untuk menyelesaikan masalah,  papa mama di pinggir bisa support anak "pintar nya !!", "wahh..tinggal sedikit lagi udah selesai, go go go!"

7. Support kesenengan anak. Meskipun keliatannya nggak berguna, papa mama seharusnya mendukung dan menemani anak untuk mengenal lebih lanjut hobby anak. misal anak laki suka main mobil2 an, anak perempuan suka main yang bling bling. 

8. Main bersama2 dengan anak. Jangan sekali-kali nunjukin ke anak kalo kita bosan main, anak bisa ngerasa. 

9. Kalo lagi berkomunikasi, dengerin baik2 dan dengerin sampai habis. Atau misal kalo mama lagi repot nggak sempat ndegerin, bisa ngomong "tunggu mama masak, nanti kasik tau adik mau ngomong apa ya". 

10. Selalu berkomunikasi baik2 dan dengan senang hati.


No comments: