Sunday, January 17, 2016

Tidur adalah hal yang paling utama mempengaruhi tinggi anak

Dibanding makanan dan olahraga, Tidur memegang nomer satu untuk faktor nambah tinggi anak.

Dilihat dari sisi "anak perlu tidur berapa lama ?", tiap anak tidak sama. Berdasar standard tidur orang Amerika, anak umur 3-5 tahun perlu waktu tidur 10-13 jam dan jangan kurang dari 8 jam atau jangan lebih dari 14 jam, anak umur 6-13 tahun perlu waktu tidur 9-11 jam dan jangan kurang dari 7 jam atau jangan lebih dari 12 jam.

Berdasarkan penelitian, tinggi seseorang 70% dari keturunan orang tua, dan 30% tergantung dari kebiasaan dan kehidupan sehari-hari. Di 30% inilah Tidur memegang peranan penting, lebih penting dari makanan dan olahraga, karena waktu tidur, tubuh kita baru memproduksi hormon pertumbuhan.

Tidur malam hormon yang diproduksi lebih banyak 3 kali lipat daripada tidur siang. Terutama waktu tidur jam 9 malam, 70 menit kemudian hormon pertumbuhan paling banyak-banyak nya.  

Ada dua waktu dimana hormon pertumbuhan diproduksi paling banyak.
no. 1 jam 9 malam sampe jam 1 tengah malam 
no. 2 jam 5 subuh  sampe jam 7 pagi 

Jadi waktu tidur yang paling bagus untuk mau tambah tinggi adalah:
Tidur jam 20:30 dan Bangun jam 07:00

Harus bener-bener tidur nyenyak, hormon pertumbuhan baru keluar berproduksi, kalo di 2 waktu di atas belum tidur atau kebangun, berarti kita kelewatan nggak bisa dapet hormon pertumbuhan.

Kalo bayi lain lagi ceritanya, bayi nggak pagi nggak malam, pokoknya waktu tidur hormon pertumbuhan bekerja dengan cepat, makanya bayi sebelum umur 1 tahun cepet sekali tingginya. sehabis umur 1 tahun hormon pertumbuhan mulai bekerja lebih banyak di malam hari.






No comments: